Selasa, 10 September 2013

Sejarah gunting kuku tidak sependek kuku Mak Lampir...


Benda yang sederhana tapi ceritanya tidak sesederhana bentuk dan fungsinya.Gunting kuku adalah alat mekanik yang terbuat dari logam yang digunakan untuk memotong kuku. gunting kuku adalah alat yang menggunakan prinsip kerja tuas. Tuas sendiri memiliki pembagian kelas dalam sistem kerjanya. yaitu: 1.titik tengah 2.tumpuan 3.pengungkit termasuk dalam kategori alat tangan yang juga termasuk dalam alat fisika.
Tuas sederhada ini telah mengalami banyak catatan sejarah.

Gunting kuku sudah sangat populer digunakan di seluruh dunia. Namun, penemu alat ini tidak diketahui secara pasti. Yang tercatat sejarah, paten pertama untuk pengembangan alat tersebut di Amerika Serikat (AS) tahun 1875. Paten didaftarkan oleh seseorang bernama Valentine Fogerty.

Paten untuk pengembangan selanjutnya didaftarkan oleh William C Edge tahun 1876, dan John H Hollman di tahun 1878. Setelah diubah sedikit, paten untuk alat pemotong kuku kembali didaftarkan oleh Eugene Heim tahun 1881 dan Celestin Matz tahun 1885.

Pengembangan terhadap alat pemotong kuku terus dilakukan. Pendaftaran paten gunting kuku tahun 1905 dilakukan oleh George H Coates. Anak pemimpin Gereja Baptis Connecticut, Chapel C Carter, juga mematenkannya tahun 1922. Sekitar tahun 1913 dia adalah seorang sekretaris di HC Cook Company, yang sebelumnya bernama HT Cook Machine Company yang dikelola Henry C Cook, Lewis I Cook, dan Chapel S Charter.

Sekitar tahun 1928, Charter menjadi pemimpin perusahaan saat dia mengklaim pemegang merek pertama alat pemotong kuku, yakni Gem. Setelah Gem kemudian muncul pabrik-pabrik lain pembuat alat pemotong kuku. LT Snow memproduksi alat pemotong kuku sekitar tahun 1906. Kemudian perusahaan King Klip yang membuat potongan kuku di New York sekitar tahun 1911

Kemudian di tahun 1947 berdiri perusahaan milik WE Basset yang memproduksi pemotong kuku bermerek Trim. Pabrik ini merupakan produsen pertama alat pemotong kuku yang memanfaatkan mesin-mesin modern. Tahun 2001 WE Basset ini mengakuisisi Cook Bater dan Pacer Technology. Perusahaan lain yang juga tertarik untuk memproduksi alat pemotong kuku selain di Amerika adalah Evenflo (Cina), Revlon (Korea), DOVO Solingen (Jerman).

Saat ini, alat pemotong kuku, umumnya sudah dilengkapi tiga perangkat lain, yakni alat pembuka botol, pisau kecil, dan alat penghalus ujung kuku yang baru dipotong. Gunting kuku saat ini sering digunakan sebagai souvenir baik untuk pernikahan, promosi perusahaan, dan sebagai buah tangan dari berbagai daerah atau negara di dunia.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum. Boleh saya tau data permintaan dan penawaran dari souvenir gunting kuku ini

    BalasHapus

Translate

Categories

Cintailah Produk Indonesia

Cintailah Produk Indonesia

Mengenai Saya

Foto saya
Berawal dari produsen souvenir gunting kuku
Les Souvenirs Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts