Rabu, 16 Juli 2014

Umumnya sebagian besar souvenir terbuat dari resin dan polyresin atau biasa disebut dengan fiber. Sebenarnya Fiber sendiri artinya serat, pada aplikasinya polyresin akan menutupi serat fiber yang berfungsi sebagai pengikat atau kalau ilmu konstruksi atau sipil disebut dengan kerangka atau tulang yang akan memberikan bentuk pada suatu bangunan. Pada dasarnya sifat resin yang cair ini tidak bisa dibentuk langsung sehingga perlu beberapa teknik supaya dia bisa berbentuk seperti yang kita inginkan. Saya coba merangkum sesuai dengan pengetahuan saya:

1. Cetakan (umumnya menggunakan cetakan silikon)
2. Fiber/ media kerangka untuk pembentuk
3. Pembentukan Eksternal (potong, gerinda, ukir, pahat, dll)
4. Dibentangkan dalam media datar atau coating misalnya pada dome sticker, lantai epoxi, dll
5. Semprot/ injeksi dengan tekanan tinggi
6. Manual (pembentukan sebelum dia mengeras tapi jarang sekali digunakan karena sifatnya panas dan lengket jika masih basah)
7. Printing (teknologi baru dengan mencetak resin tiga (3) demensi dengan alat printer)

Yang perlu diketahui untuk pemula yaitu sifat-sifat atau karakteristik resin itu sendiri. Resin biasa disebut orang sebagai getah damar namun saat ini sebagian besar dibuat melalui proses kimia polimer supaya kualitasnya standard. Resin mempunyai sifat-sifat polimer, bentuk mulanya ada yang berupa padatan (bubuk) dan ada yang cair. Secara alami, resin dapat mengeras dengan sendirinya, namun pada aplikasinya akan memerlukan suatu katalis atau cairan kimia yang membantu mempercepat pembekuannya atau biasa dikenal dengan istilah "hardener" atau pengeras. Pencampuran resin dan hardener tergantung dengan jenis resinnya atau dari produsennya, ada yang 2-5%, ada yang 1:2 dan ada yang 1:1, tidak ada rumus yang baku, pengalaman dan percobaanlah yang bisa dijadikan referensi pengrajin dalam mencampur resin dan hardener. Untuk mempercepat pengerasan resin dapat dibantu dengan temperatur, jadi semakin tinggi temperatur suhu/ ruangan, maka semakin cepat juga pembekuan, oleh karena itu umumnya pengerajin menggunakan bantuan oven dalam proses pengerasan ini.

Gelembung hasil dari proses pencampuran resin dan hardener ini sangat umum terjadi akibat reaksi kimia, selain gelembung, biasanya akan menghasilkan panas bahkan asap jika pencampurannya tidak pas (terlalu banyak hardener), tuangkan hardener sedikit demi sedikit, jika sulit mengeras, bisa dipanaskan atau dimasukan dalam oven. Ada beberapa teknik untuk menghilangkan gelembung yaitu tunggu gelembungnya hilang dengan sendirinya, membuang gelembung dengan cara memasukan tusuk gigi supaya pecah(seperti membuang gelembung dalam jelly), atau menggunakan bahan kimia tambahan berupa anti bubble. Pembuangan gelembung ini bisa dilakukan saat campuran resin masih dalam kondisi cair, oleh karena itu jangan memasukan hardener terlalu banyak sehingga menyebabkan adonan menjadi panas, bergelembung dan cepat mengeras.

Saya sarankan juga, saat akan membuat kerajianan resin atau fiber, gunakan alat pelindung diri yang sesuai. Pembuatan kerajinan ini memiliki risiko bagi kesehatan dan keselamatan kita, karena kita bermain dengan bahan kimia. Oleh karena itu kita harus memperhatikan bahaya yaitu reaksi dan sifat resin yang lengket dan panas saat bereaksi, bau yang sangat menyengat, dan fiber yang dapat terhirup dan gatal dikulit. Langkah-langkah pengendalian yang dapat kita terapkan dirumah yaitu hindari kontak langsung bahan kimia tersebut dengan kulit atau mata, lakukan pencampuran di tempat dengan ventilasi yang bagus, gunakan masker yang sesuai, dan yang paling penting yaitu tuangkan dan aduk adonan secara perlahan, jangan terburu-buru. Jika kontak dengan kulit atau mata, segera cuci dengan air yang mengalir, gunakan sabun jika terkena kulit, kupas resin jika telah membeku di kulit dengan hati-hati. Segera ke dokter jika tertelan atau terkena mata.

Pembuatan kerajinan resin atau fiber ini harus dilakukan dengan kesabaran, perlu latihan atau percobaan, serta selalu berhati-hati, gunakan alat pelindung diri yang sesuai. Selamat mencoba.

Salam,


Les Souvenirs

2 komentar:

Translate

Categories

Cintailah Produk Indonesia

Cintailah Produk Indonesia

Mengenai Saya

Foto saya
Berawal dari produsen souvenir gunting kuku
Les Souvenirs Indonesia. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts